Oleh: mdponline | Oktober 2, 2010

Tahun 2011 Sulsel Tuan Rumah FLS2N Tingkat Nasional

Kontingen FLS2N SMK Sulsel Raih 2 Predikat Terbaik

Kabid Dikmenjur Disdik Sulsel Drs. H.A. Samad saat menerima bendera PLS2SN Sesditjen Dr. Bambang Indrayanto, M.Sc

SELAMA 5 hari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang ketiga digelar, tahun ini dipusatkan di Kota Surabaya Prov. jawaTimur, berlangsung dari tanggal 14 hingga 19 ]uni2010. FLS2N ini dibuka oleh Gubemur Jatim Dr. Soekarwo dihadiri Dirjen Mandikdasmen Kemendiknas Prof. Suyantg Ph.D, Sbsditjen Kemendiknas Dr. Bambang krdriyanto, M.Sc, serta dua artis yang juga Anggota Komisi X DPR RI Dedy Gumelar (Miing) danPrimus Yustisio.

Pada pembukaan FLS2N (1,5/6) yang bertempat di Gedung Jatim Expo beralamat di ]aian Ahmad Yani Surabaya, sekira 5000-an siswa-siswi memenuhi gedung iniberasal dari 33 provinsi, mulai dari tingkat TK, SD SMP, SMA, SMKhingga sekolah luarbiasa.

Prof. Suyanto pada kesempatan itu mengatakan, FLS2N ini dapatmenjadi arena bagi siswa seluruh Indonesia untuk saling bersilaturahmi dan bertukar pengalaman dalam berkesenian sehingga dapat mengenal satu dengan yang lainnya.

Hal ini pentin& kata Dirjen, untuk memperkuat pengalaman pribadi dan memperkuat kesadaran Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga walaupun kita ber-beda suku dan agama, tetapi kita tetap bangga menjadi bangsa Indonesia, tekarurya.

Dirjen Mandikdasmen pada waktu itu juga menyampaikan pesan Mendiknas Prof. Dr. Moh. Nuh kepada semua kontingery bahwa seni merupakan bidang yang harus dikuasai secara baik oleh siswa karena dari belajar seni bisa timbul harmoni dalam kehidupan, jelasnya.

Riswandi sebagai penyaji naskah terbaik pada Lomba Seni Daerah/Karawitan dan Ifa Surya Wahyuni sebagai Penata Artistik Terbaik pada Lomba Seni Teater

Sementara itu, Kontingen Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) l” Somba Opu Kabupaten Gowa yang mewakili Sulawesi Selatan di ajang FLS2N tahun ini hanya meraih 2 predikat terbaik. Kedua predikat terbaik ini diraih oleh Riswandi sebagai penyaji naskah terbaik pada lomba seni daerah/karawitan dan Ifa Surya Wahyuni sebagai penata artistic terbaik pada lomba seni teater.

Selain memperoleh sertifikat dan medali emas, Riswandi yang saat ini duduk di kelas III dan IFa Surya Wahyuni yang baru duduk di kelas I SMKN 1 Somba Opu masing-masing mendapatkan uang tunai Rp.4juta.

Dari 7 jenis lombal festival yang dilombakan untuk tingkat SMK yaitu Tari, Seni music ,karawitan/musik daerah, teater,pedalangan, design komunikasi visual, dan film (dokumenter), Sulsel hanya margikuti 4 jenis lomba masing-masing festival tari, festival seni music nonklasik, festival karawitan/music daerah, dan festival teater.Untuk seni tari, karawitan, pedalangan, dan teater dilombakan di Balai Pemuda. Sementara design komturikasi visual dan film di SMKN 9 Surabaya, serta musik nonklasik bertempat di Taman Bungkul Surabaya.

Setelah FLS2N berlangsung selama 5 hari di kota Pahlawan Surabaya, akhimya pada tanggal 18 Juni dilakukan penutupan di Gedunglatim Expo sekaligus pengumuman perolehan medali dan juara lJmum I, II, dan III Nasional. Keluar sebagai Juara umum I Jawa Tengah dengan 14 medali  emas, Juara Umum II Jawa Timur dengan medali emas, dan Juara Umum III Sumatera Barat dengan 6 medali emas.

Kendati Sulsel tidak juara Umum pada FLS2N tahun ini, kontingen Sulsel tetap berbangga karena Sulsel ditunjuk tuan rumah pelaksana FLS2N tingkat nasional tahun 2011, ditandai dengan penyerahan bendra FLS2N oleh Sesditjen Kemendiknas Dr. Bambang Indriyanto, M.Sc kepada Kepala Dinas Pendidikan Sulsel yang diwakili Drs. HA. Samad (Kepala Bidang Dikmenjur dan Ketua Konting FLS2N SMK Sulsel).  Haris

Sumber : Majalah DUNIA PENDIDIKAN No. 129, Juli 2010


Responses

  1. Wah FLS2N……Jadi inget waktu yg di Surabaya dan di Yogya waktu itu

    maju semuanya …… lestarikan budaya Indonesia

  2. mau tanya lagu wajib pls2n untuk vokal group

  3. Mohon khabarkankan jadwal (Tanggal, bulan) berapa pelaksanaan FLS2N di Makasar? saya sudah coba mencari data di google (internet) namun tidak ketemu juga. mohon dikirim berita secepatnya, karena saya dan tim dari Riau sangat menyambut baik festival tersebut dan berkeinginan untuk ikut sebagai peserta…. salam budaya!

  4. maaf saya mau tau FLS2N tingkat SMA/smk

    terimakasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: