Oleh: mdponline | Oktober 3, 2010

Drs. Rahmat Banjar, M.Pd; Guru Teladan Kota Makassar Tingkat SMA: Predikat Guru Teladan Sebagai Motivasi Mengembang Amanah Kepala Sekolah

Foto: MDP

Drs. Rahmat Banjar, M.Pd

MENYANDANG predikat guru teladan (berdidikasi ) punya beban yang berat, karena selain sang guru Punya kemampuan di atas ratat-rata guru Yang iainnya juga harus merrujukkan prilaku keseharian Yang Patut digugu dan diteladani. Hal tersebut diungkapkan oleh Rahmat Banjar Kepala SMA PGRI 3 Makassar. Ungkapan tersebut terkait dengan Penetapan dirinya sebagai guru teladan tingkat kota Makassar 2010 jenjang SMA. Sebentar lagi akan berkompetisi di tingkat provinsi untuk mewakil Sulsel di event nasional.

Ketika wartawan DP bertandang di ruang kerjanya beberapa waktu lalu dengan santai Rahmat Banjar mengakui, Pemilihan teladan di kota Makassar berlangsung sangat ketat karena rata-rata diikuti guru senior. Tapi dari awal pemilihan, beliau optimis bisa meraih Yang terbaik. Pasalnya, ketika dilakukan Pemeriksaan berkas Pendukung terkait dmgan proses belajar mengajar di sekolah, kepala sekolah yang sudah menjabat lebih 10 tahun ini mampu memperlihatkan kepada tim penilai. Halitu tidak dilakukan oleh peserta  seleksi guru teladan lainnya. Selain itu, alumni S2 UNM Makassar ini termasuk paling senior di antara peserta, sehingga praktis menguasai materi ujian.

Dasar juara di tingkat kota, bapak empat putra-putri optimis mampu meraih yang terbaik di tingkat provinsi. “Mulai sekarang saya sudah melakukan persiapan, mulai dari admisnitrasi hingga pengusaan materi lomba. Juga banyakbertanya kepada guru-guru yang pemah berlomba di tingkat provinsi,” ujamya.

Secara mental juga siap untuk berlomba di tingkat provinsi. Apalagi dorongan rekan-rekan di SMA PGRI 3 Makassar cukup kuaf sehingga memberikan stimulasi. “Namun saya tetap terbebani karena namanya mewakili Kota Makassar yang menjadi patron pendidikan di Sulsel. Selain itu jelas rekan-rekan dari daerahberusaha mengalahkan wakil Makassar,” tutunya. Tapi bagi Rahmat Banjar, mengikuti seleksi guru teladan punya makna ganda dalam hidupnya yaitu tolok ukur kemampuannya sebagai tenaga pendidik dan menjadi motivasi dalam mengembang amanah sebagai leader di SMA PGRI3 Makassar.

Kreasi

Menurutrya, selama menjadi kepala sekolah sudah banyak kreasi dan inovasi yang dilakukan, maka tidak

mengherankan kalau sekolah yang dipimpinnya ditetapkan sebagai sekolah yang berstandar nasional dan terakreditasi A. Dikatakan, kiatnya dalam mengembang amanah sebagai kePala sekoiah yaitu, langkah pertama segala aktivitas di sekolah tidakbertantangan dengan agama dan hukum, kegiatan di sekolah selalu berpatokan dengan tim workjadi keberhasilan di sekolah adalah keberhasilan bersama. Sebaliknya, jika ada masalah. Akan ditanggung bersama. Terpenting, mengutamakan keharmonisan dan sillaturahim kepada semua komponen di sekolah.

Masalah sarana dan Prasarana, menurut Rahmat banjar pihaknya sudah menyiapkan VCD pembelajaran, lobaratorium komputer, akses intemet, wabsite, email, faximile, dan penambahan jam pelajaran kelas satu dari 36 jam menjadi 42 jam, terutama mata Pelajaran teknologi informasi komputer, keterampilan berbahasa Ingris, dan keterampilan berpidato.

Biodata

Rahmat Banjar,lahir di Banjar Petoman Jawa Barat, 8 SePtember 1957 dan pasangan Muh.Aksa dan St. Sandeang. Saat ini telah dikaruniai dua putra dan putri bersama isteri tercinta Bauk Tangke, AMA (M.Khairan Rahmat, M. Yusran Rahmat, Nur Hidayah Rahmaf dan Nur Rahmi Rahmat. Jenjang pandidikan, SD Negeri Cinimabela (1970), PGAN 4 Tahun (1975), PGAN 7 Tahun (1977) S1 IKIP UJung Pandang (1983), dan S2 Manajemer Pendidikan UNM, Pendidikan Non Formal : Pelatihan dan lokakarya: Pendidilan karyaTulisnrniah (1986), Hiperkes, Tutor Daerah, Tutorlal Nasionai,Pembina Osls, Pengembangan Komptensi Kasek  dan Kajian Kebijakan Hukum Nasional Organisasi: Anggota PGRI Makassar, MK3 SS Sulsel, dan MK 3 SS Kota Makassar. (Rusdi)

Sumber : Majalah DUNIA PENDIDIKAN No. 129, Juli 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: