Oleh: mdponline | November 9, 2010

Membangun Barru dengan Visi yang jelas

MENGEMBANGKAN Kabupaten Barru ke depan yang lebih maju, sejahtera dan berimtak sudah menjadi  pengarisan sang nahkoda Ir. H. Andi Idris Syukur, MS. Hal ini tergambar dalam visi Kabupaten Barru, yaitu  Terwujudnya Kabupaten Barru lebih maju, sejahtera, taat azas dan bermanfaat yang benafaskan  keagamaan’. “Segala kebijakan, tindakan dan langkah yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Barru  harus berlandaskan pada visi ini,” tutur Andi Idris Syukur dalam suatu wawancara khusus dengan MDP di rumah pribadinya di Desa Pancana Kab. Barru, Minggu 19 September 2010. Dengan visi ini, ia  mengharapkan mampu memberikan arah, menentukan kepuputusan, dan memotivasi seluruh aparat dan  anggota masyarakat untuk mencapai tujuan. Dengan visi ini pula diharapkan akan memperkokoh kesatuan tim kerja agar energi yang ada dalam masyarakat dapat disalurkan, moral menjadi tinggi, dan  komitmen terbentuk.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan kata ‘lebih maju’, yakni peningkatan berbagai indikator pembangunan akan  lebih baik seperti; pertumbuhan ekonomi, IPM, pendapatan perkapita, angka harapan hidup, kehidupan  keagamaan, dan berbagai indikator sosial, ekonomi dan politik lainnya. Kata sejahtera, yaitu memberikan  rasa aman, menjamin keselamatan, ketentraman, kesenangan hidup, dan memberikan kemakmuran pada seluruh masyarakat Barru.

 

Taat azas, dimaksudkan, seluruh kegiatan yang dilakukan mengacu pada ketentuan hukum dan  rana budaya/ adat istiadat setempat. Karena itu, menurut Andi idris Syukur, kegiatan dikembangkan  sesuai dengan kaidah hukum dan penegakan hukum serta mengakar pada budaya/adat istiadat  masyarakat Barru. “Dengan demikian menjadi pelopor pengembangan kegiatan terpercaya dan diterima oleh masyarakat setempat,” ucapnya. Sementara kata ‘Bermartabat’; yaitu mengutamakan harkat  kemanusiaan dan harga diri, serta memiliki keunggulan. Menurutnya, Kabupaten Barru akan  bermartabat bila memiliki keunggulan daerah yang dapat membangun interkoneksitas (hubungan)  dengan  daerah dan wilayah lainnya. Menerapkan teknologi untuk mengeiola sumberdayanya dan memperoleh  nilai tambah sehingga mengurangi ketergantungan kepada pihak lain, dan bahkan menghasilkan barang  untuk kepentingan wilayah lainnya. Dan kata ‘Bemafaskan Keagamaan’ bermakna bahwa seluruh aktifitas  penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan berlandaskan nilai-nilai  keagamaan. Dengan visi dan misi yang jelas, Andi Idris Syukur menginginkan orang Barru itu dapat  unggul di segala bidang. Sebut misalnya, akan muncul orang Barru jago dibidang olahraga menjadi  pejabat penting, ada yang jadi pamong senior, jadi pengusaha sukses dan sebagainya. ( Asri )

 

Sumber : Majalah DUNIS PENDIDIKAN No. 132, Oktober 2010, halaman 9

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: